Sukses

Lima Kandidat Cagub Jabar Siap Bertarung!

Empat pasangan calon dari partai politik dan satu pasangan dari jalur indenpenden siap bertarung dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Liputan6.com, Bandung: Denyut kemeriahan pesta demokrasi di Jawa Barat, mulai terasa. Lima calon pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat resmi mendaftar ke KPU Provinsi di Bandung, Sabtu (11/11/2012). 

Partai besar masih melirik calon dari kalangan artis yang diyakini tingkat popularitasnya mampu meraup suara pemilih. Sebutlah artis yang juga politisi Rieke Dyah Pitaloka. Dengan mengenakan seragam keberuntungan ala Gubernur DKI Jakarta Jokowi, Rieke menggandeng pegiat antikorupsi Teten Masduki. PDI Perjuangan yang maju tanpa berkoalisi dengan partai lain optimis jagoannya dapat mengulang kesuksesan di Pilkada DKI Jakarta dengan merebut hati warga Jabar.

Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf memilih mantan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Lex Laksamana untuk mendampinginya. Pasangan yang mengusung jargon Dede Yusuf-Laksamana diusung koalisi Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsam, Partai Amanat Nasional dan Gerindra.

Sementara calon Gubernur Jawa Barat Petahana Ahmad Heryawan menggandeng aktor senior yang juga dikenal sebagai budayawan Dedy Mizwar. Pasangan Aher - Dedy ini diusung koalisi Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hanura dan Partai Bulan Bintang.

Partai golkar juga mengusung calon sendiri tanpa berkoalisi dengan partai lain. Mantan Bupati Indaramayu Irianto MS Syafiudin atau Yance berpasangan dengan mantan Bupati Tasikmalaya, Tatang Farhanul Hakim.

Sementara dari jalur perseorangan atau independen, mantan Kapolda Sumatera Selatan Dikdik Mulyana Arief Mansyur menggandeng mantan Sekda Indramayu Cecep NS Toyib.

Saat ini, KPUD Jawa Barat sedang melakukan penelitian data dan persyaratan para calon. Diharapkan pengumuman lolos tidaknya calon yang mendaftar untuk maju dalam pilgub dapat diketahui satu pekan mendatang.(ADI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.