Sukses

Semarakan Hari Pahlawan, Ratusan Mobil Kuno Dipamerkan

Untuk menyemarakkan hari Pahlawan, ratusan mobil kuno atau klasik dipamerkan di Surabaya. Dua di antara mobil-mobil kuno itu ternyata dulu merupakan kendaraan dinas Presiden pertama kita, Soekarno. Kedua mobil mewah tersebut hingga kini dalam kondisi terawat baik.

Liputan6.com, Surabaya: Untuk menyemarakkan hari Pahlawan, ratusan mobil kuno atau klasik dipamerkan di Surabaya. Dua di antara mobil-mobil kuno itu ternyata dulu merupakan kendaraan dinas Presiden pertama kita, Soekarno. Kedua mobil mewah tersebut hingga kini dalam kondisi terawat baik.

Inilah mobil-mobil Presiden Indonesia pertama, Bung Karno yang ikut dipamerkan dalam pameran mobil klasik yang digelar di sebuah mal di Surabaya. Mobil itu masuk kategori Indonesian Presidential Limo, yakni jenis Oldsmobile 98 luxury, produksi tahun 1963. Satu mobil kenegaraan lainnya, tapi lebih bersifat personal adalah sebuah chrysler imperial crown coupe, yang sering dikemudikan sendiri oleh Bung Karno.

Selain dua mobil dinas Bung Karno, pameran mobil bertajuk "Classic Car Show 2012" ini menghadirkan ratusan mobil kuno lain. Di antaranya Ford Mercury buatan tahun 1954 dan puluhan mercedes bens tahun 1949, serta dodge brothers limo produksi 1938. Selain itu, dipamerkan juga sejumlah sepeda motor kuno yang sudah sangat langka.

Pameran mobil kuno ini diharapkan bisa mencegah mobil kuno yang sudah menjadi cagar budaya berpindah ke luar negeri. Kehadiran kendaraan mewah Bung Karno di era 60-an, diharapkan bisa menghidupkan kembali cerita perjalanan kemerdekaan Indonesia tempo dulu. Dipamerkannya mobil proklamator kemerdekaan itu, diharapkan bisa memacu semangat para generasi muda untuk berkarya. Bila perlu generasi muda kini bisa memproduksi mobil nasional yang menjadi kebanggaan bangsa. (FRD)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini