Sukses

Ini Plus-Minus Pasangan Cagub-Cawagub Pilkada Jawa Barat

Sejumlah pasangan cagub-cawagub akan bertarung di Pilkada Jawa Barat. Apa plus-minus tiga pasangan terkuat?

Liputan6.com, Jakarta: Terkait pemilihan gubernur Jawa Barat 2013, pengamat politik dari Centre for Strategic dan International Studies (CSIS) Philips Vermonte mengatakan, Dede Yusuf yang diusung Partai Demokrat akan diuntungkan sebagai kandidat petahana (incumbent) yang menguasai resource di birokrasi meski harus berbagi dengan Ahmad Heryawan, gubernur saat ini.

Cuma, posisi Partai Demokrat sekarang sedang tidak bagus karena sejumlah kasus korupsi yang menjerat para kadernya. "Bisa jadi, Dede akan maju dengan menyamarkan elemen Partai Demokrat-nya. Ini juga yang terjadi di beberapa daerah," kata Philips saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (7/11/2012).

Akan halnya Rieke-Teten yang diusung PDI Perjuangan, "Mereka berdua akan memosisikan diri sebagai figur perubahan," kata Philips. Masalahnya, PDIP akan berhadapan dengan realitas politik Jawa Barat yang cukup konservatif. Misalnya, resistensi soal ide pemimpin perempuan.

Soal Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, Philips menyatakan,  PKS ternyata masih membutuhkan vote getter. "Sebenarnya bukan masalah. Di mana-mana juga begitu. Toh, Deddy Mizwar juga punya reputasi yang baik di bidangnya," kata doktor dari Northern Illinois University, AS, ini. Aher sendiri akan dicitrakan sebagai sosok yang menguasai seluk-beluk birokrasi karena menjabat gubernur sebelumnya. (YUS)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini