Sukses

Jokowi Ajak Warga Jakarta Antisipasi Banjir

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), mengajak partisipasi warga untuk menghadapi kemungkinan banjir pada musim penghujan di bulan November mendatang.

Liputan6.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), mengajak partisipasi warga untuk menghadapi kemungkinan banjir pada musim penghujan di bulan November mendatang.

"Gotong royong dan kerja bakti, kalau yang besar-besar tidak mungkinlah (dilakukan sekarang)," kata Jokowi saat menghadiri pertemuan dengan pimpinan MPR dan gubernur se-Indonesia, di Gedung Nusantara IV, Jakarta, Kamis (8/11).

Jokowi mengatakan, kerja bakti yang dimaksud yakni membersihkan kampung-kampung, terutama saluran air yang berada di tengah perkampungan warga. Namun mengenai pelebaran sungai atau pengerukan yang melintasi di tengah Kota Jakarta, Jokowi mengakui hal tersebut masih terus dilakukan, seperti daerah Kalimalang.

Selain gotong-royong dan pengerukan kali, Pemprov DKI berjanji akan melakukan sistem penyerapan air di kampung-kampung yang kerap terendam banjir saat musim hujan tiba. Namun hal tersebut adalah program jangka panjang. "Itu nanti, kan jangka panjang, kalau nanti Cengkareng drain dan Pesangrahan selesai, barulah dibicarakan jangan seminggu atau dua minggu suruh mengatasi," tegasnya.

Jokowi mengaku untuk mengatasi banjir yang besar diperlukan waktu yang panjang untuk merealisasikan hal itu. Ia pun menyindir jika gubernur sebelumnya belum tuntas untuk mengatasi banjir. "Yang berpuluh-puluh tahun aja belum bisa atasi banjir. Tapi saya optimis pasti ada progress tiap tahunnya," pungkasya. (NDY/FRD)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini