Sukses

Gunung Raung Siaga, Warga Dihimbau Tidak Panik

Meski Gunuang Raung masih berstatus siaga, warga sekitar diminta tidak panik. Hingga saat ini, aktivtas gunuang masih normal.

Liputan6.com, Banyuwangi: Gunung Raung yang telah bersatus siaga ternyata masih dalam keadaan normal. Gunung yang berada di tiga kabupaten, Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi, masih mengeluarkan suara gemuruh. Namun, warga dihimbau tidak panik.

Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional, Selasa (6/11), aktivitas di Gunung Raung masih stabil berdasarkan pantauan dari udara.  Saat ini, gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut itu sudah tidak berbahaya. Namun, aktivitasnya masih perlu diwaspadai karena bisa-bisa menjadi naik.

Sebelumnya, aktivitas Gunuang raung sempat meningkat. Bahkan, peningkatan vulkanik dan erupsi dengan skala kecil juga terlihat. Ini bisa dilihat dari asap tipis dan tebal yang keluar. Gempa tremor juga masih berlangsung dengan amplitudo maksimal 32 milimeter dan ketinggian sekitar 50-75 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.