Sukses

Nenek Hasanah 55 Tahun Ikut Ujian SMP

Usia bukanlah hambatan untuk belajar dan menuntut ilmu. Nenek Hasanah (55) yang sudah mempunyai 3 cucu masih bersemangat ikut ujian. Hasanah menanti bisa ikut ujian itu selama 40 tahunan.

Liputan6.com, Kuala Lumpur: Usia bukanlah hambatan untuk belajar dan menuntut ilmu. Lihatlah, nenek dengan 3 orang cucu, Hasanah Abdullah yang telah berumur 55 tahun itu.

 
Hasanah akhirnya berhasil mengikuti ujian Sijil Pelajaran Malaysia (SPM) semacam ujian sekolah menengah di Malaysia. Si nenek telah menunggu saat-saat mendebarkan tersebut selama 40 tahun. Ujian SPM tersebut diikutinya, Senin (5/11) di Sekolah Menengah Kebangsaan Langkasuka, Guar Chempedak, Kedah, Malaysia. Hasanah adalah satu dari 147 peserta peserta ujian. 

 
Nenek Hasanah sebenarnya juga guru di kelas Al Quran dan Fardu Ain (KAFA) di Masjid Al Amin Sungai Layar, Sungai Petani. Bagi Hasanah, momen tersebut merupakan sejarah dalam hidupnya yang tak akan terlupakan. 

 
Ketika masih berusia 15 tahun, nenek Hasanah tak sempat sekolah karena harus mengasuh 6 adiknya setelah ditinggal mati sang ibu. Akibatnya, beberapa kali berencana ikut ujian yang di Malaysia disebut Malaysia Certificate of Education (MCE) selalu gagal. 

 
Walhasil, Hasanah hanya sempat sekolah hingga kelas 6. Ayahnya menyuruhnya berhenti sekolah karena faktor ekonomi dan keluarga. Mengikuti MCE bagi Hasanah hanyalah sebuah cita-cita. 

 
"Saya sering membujuk ayah untuk mengizinkan saya mengambil MCE. Namun beliau tidak membolehkan karena saya harus menjaga adik-adik yang masih kecil dan butuh perhatian ketika itu," ungkapnya.

Hasanah yang mengambil subjek utama dan tambahan Bahasa Arab itu yakin bisa lulus. (ANT/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini