Sukses

Antisipasi Banjir, Jokowi Bakal Keruk Kali Pesanggarahan

Gubernur Jokowi menilai jika Kali Pesanggrahan dibenahi, masalah banjir di Ibu Kota akan berkurang.

Liputan6.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi menilai jika Kali Pesanggrahan dibenahi, masalah banjir di Ibu Kota akan berkurang. "Ini termasuk langkah antisipasi banjir di Ibu Kota memasuki musim hujan," kata Jokowi usai bertemu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (30/10).

Menurut Gubernur Jokowi, pembenahan Kali Pesanggrahan sudah memasuki proses perencanaan dan akan segera digarap mulai 2013 mendatang. "Kami sudah menyusun rencana untuk membereskan Kali Pesanggrahan. Tahun depan, rencana ini akan direalisasikan. Prosesnya akan dimulai dari pengerukan," ujar Gubernur Jokowi.

Gubernur Jokowi mengungkapkan akan membicarakan rencana itu lebih jauh dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) sekaligus mengajak kerjasama dalam proses pengerjaannya, sehingga cepat selesai. "Kita akan bagi-bagi tugas dalam pengerjaannya," ungkap Gubernur Jokowi.

Gubernur Jokowi menuturkan pembagian tugas yang dimaksud adalah pekerjaan teknis, seperti pengerukan kali akan diserahkan kepada Kementerian PU. "Sementara bagian penataan wilayah sekitar, seperti pembenahan kampung-kampung warga, akan menjadi tugas bagi Dinas PU Provinsi DKI," imbuh mantan Wali Kota Solo, Jawa Tengah.

Dalam pertemuan dengan BPBD, Gubernur Jokowi membahas persiapan Jakarta yang akan memasuki musim hujan dan antisipasi banjir, terutama persiapan logistik dan teknis sekitar bencana.(ANT/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini