Sukses

Jemaah Haji Mulai Tawaf Wada

Setelah melalui seluruh rangkaian ibadah haji, para jemaah haji mulai melaksanakan tawaf wada (tawaf perpisahan). Ritual ini dilakukan para jemaah haji dengan mengelilingi Kakbah sebagai simbol perpisahan.

Liputan6.com, Makkah: Setelah melewati seluruh rangkaian ibadah haji, para jemaah haji mulai melaksanakan tawaf wada (tawaf perpisahan). Ritual ini dilakukan para jemaah haji dengan mengelilingi Kakbah sebagai simbol perpisahan sebelum pulang ke Tanah Air.

Dalam ritual ini, seluruh jemaah haji berdesak-desakan melakukan tawaf wada. Tawaf ini termasuk bagian wajib dari rangkaian ibadah haji lantaran bila tidak mengerjakannya, jemaah wajib membayar dam atau denda dengan menyembelih kambing.

Lantunan doa dan dzikir keluar dari tiap jemaah haji dan membuat suasana makin khusuk. Para jemaah mengeliling Kakbah Baitullah dengan berjalan sebanyak tujuh kali sambil berusaha menyentuh atau mencium Hajar Aswat berbentuk batu berwarna hitam yang diletakan Nabi Ibrahim di dekat Kakbah.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini