Sukses

Ribuan Buruh Se-Bogor Berdemo

Belasan ribu buruh se-Wilayah Bogor, Senin (29/10) pagi, melakukan aksi demo. Dalam aksinya, sejumlah buruh nekad menyisir rekannya sesama buruh yang masih bekerja. Mereka menuntut tidak ada pabrik yang beroperasi saat aksi digelar.

Liputan6.com, Bogor: Belasan ribu buruh se-Wilayah Bogor, Senin (29/10) pagi, melakukan aksi demo. Dalam aksinya, sejumlah buruh nekad menyisir rekannya sesama buruh yang masih bekerja. Mereka menuntut tidak ada pabrik yang beroperasi saat aksi digelar.

Akibatemo para buruh tersebut, kerusuhan pun terjadi saat Manajemen PT Libra Permana di Wilayah Gunung Putri, Bogor. Mereka menolak pekerjanya mengikuti aksi ini. Kericuhan sempat pecah saat buruh yang marah langsung merangsek masuk ke lokasi pabrik dan merobohkan gerbang dan tembok pagar pabrik. Para pimpinan pabrik yang dianggap melecehkan nasib buruh juga dikejar-kejar sejumlah buruh.

Hal serupa juga terjadi di Kawasan Industri Sentul, Bogor. Di PT Veneta Indonesia ini para buruh mengamuk dan masuk ke dalam pabrik serta mengejar para pimpinan dan staf pabrik yang dianggap melawan kehendak buruh. Meski pihak pabrik akhirnya mengizinkan karyawannya libur dan ikut berdemo buruh.

Sejumlah polisi tampak berjaga-jaga di setiap pintu tol Jagorawi untuk mengantisipasi ancaman penutupan jalan tol oleh ribuan buruh yang berdemo. Rencananya, sekitar 17 ribu buruh ini akan menyeruduk kantor Bupati Bogor dan Mapolres siang hingga sore ini. (ALI/FRD)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini