Sukses

Polling Reuters: Obama 49 Persen Romney 46 Persen

Berdasarkan polling yang diumumkan Reuters bersama Lembaga Ipsos, Ahad (28/10), kandidat petahana Barack Obama berhasil memperlebar jaraknya memimpin atas Mitt Romney.

Liputan6.com, Washington DC: Pemilihan Presiden Amerika Serikat segera digelar pada 6 November mendatang. Berbagai jajak pendapat terus dilakukan oleh beberapa media dan lembaga. Terakhir, berdasarkan polling yang diumumkan Reuters bersama Lembaga Ipsos, Ahad (28/10), kandidat petahana Barack Obama berhasil memperlebar jaraknya memimpin atas Mitt Romney.

Obama memperoleh 49 persen suara, sedangkan Romney mendapat 46 persen suara. Kemungkinan besar, hasil ini bisa berubah di hari-hari terakhir menjelang pemilu. Sebab, setengah dari jumlah responden menyatakan jika ada kemungkinan mereka berubah pikiran untuk memilih calon Presiden yang berbeda.

Hasil ini sedikit berbeda dengan jajak pendapat yang dilakukan ABC sebelumnya, di mana Obama memperoleh 49 persen suara. Sedangkan 48 persen suara memilih Romney. Lebih lanjut lagi, apabila perolehan suara beda sangat tipis seperti ini, pemilihan Presiden AS akan kembali digelar di putaran kedua dalam sebuah sistem yang disebut Electoral Votes.

Dengan sistem yang terdiri dari Electoral College sebanyak 538 orang dari 50 negara bagian, kandidat harus mendapat minimal 270 suara. Jika tidak, maka Presiden AS akan dipilih House of Representatives (DPR) pada Januari mendatang. Sementara, Wakil Presiden akan dipilih selanjutnya oleh Senat. (FRD/Reuters) [baca: Obama-Romney Bersaing Ketat, Pemilu Berpeluang Dua Putaran]



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini