Sukses

Obama-Romney Bersaing Ketat, Pemilu Berpeluang Dua Putaran

Berdasarkan polling yang digelar ABC, kandidat petahana Presiden AS Barack Obama dari Partai Demokrat dan rivalnya, Mitt Romney dari Partai Republik bersaing ketat.

Liputan6.com, Washington DC: Kurang dari dua pekan lagi, pemilihan presiden Amerika Serikat 2012 digelar pada 6 November mendatang. Berbagai jajak pendapat terus dilakukan, salah satunya oleh stasiun televisi ABC.

Dilansir NHK, Ahad (28/10), berdasarkan polling yang digelar ABC, kandidat petahana Presiden AS Barack Obama dari Partai Demokrat dan rivalnya, Mitt Romney dari Partai Republik bersaing ketat. Obama memperoleh 49 persen suara, sedangkan 48 persen suara memilih Romney.

Menurut laporan beberapa media besar di AS, jika perolehan suara beda sangat tipis seperti ini benar-benar terjadi, maka pemilihan presiden AS akan kembali digelar di putaran kedua dalam sebuah sistem yang disebut Electoral Votes.

Dengan sistem yang terdiri dari Electoral College sebanyak 538 orang dari 50 negara bagian, kandidat harus mendapat minimal 270 suara. Jika tidak, maka presiden AS akan dipilih House of Representatives (DPR) pada Januari mendatang. Sementara, wakil presiden akan dipilih selanjutnya oleh Senat.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.