Sukses

Cina Takkan Biarkan Pulaunya Direbut Jepang

Wakil Menteri Luar Negeri Cina Zhang Zhijun mengatakan, Cina tak akan membiarkan pulaunya yang disebut Kepulauan Diayou direbut Jepang.

Liputan6.com, Beijing: Sengketa perebutan pulau di Laut Cina Selatan antara Cina dan Jepang masih berlanjut. Kementerian Luar Negeri Cina mengumumkan pernyataan terkait beberapa pulau Cina yang direbut Jepang.

Wakil Menteri Luar Negeri Cina Zhang Zhijun mengatakan, Cina tidak akan membiarkan pulaunya yang disebut Kepulauan Diayou itu direbut Jepang. Menurutnya, pembelian pulau yang dilakukan Jepang terhadap swasta melanggar kedaulatan Cina dan otomatis merusak hubungan baik antara kedua negara yang telah terjalin sejak 40 tahun silam.

Sekadar diketahui Kepulauan Senkaku (versi Jepang) atau Diayou (sebutan Cina) sudah dikuasai Jepang sejak 1895. Sedangkan Cina mengklaim telah menduduki kepulauan Diayou sejak 1783.

Kendati demikian, Zhijun mengaku akan terus berdialog dengan Jepang. Sementara Menteri Luar Negeri Jepang Chikao Kawai dikabarkan baru saja menemui pihak Cina. Kedua negara akan mengadakan dialog kembali dalam waktu dekat.(NHK/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini