Sukses

Liburan Kurban, KA Jurusan Bandung-Surabaya Penuh

Sejumlah kereta api kelas eksekutif maupun ekonomi jurusan ke timur sejak Kamis kemarin hingga Sabtu besok akan penuh penumpang yang mudik pada libur Hari Raya Idul Adha.

Liputan6.com, Bandung: Sejumlah kereta api kelas eksekutif maupun ekonomi jurusan ke timur sejak Kamis kemarin hingga Sabtu besok akan penuh penumpang yang mudik pada libur Hari Raya Idul Adha 1433 Hijriah. "Kereta api tujuan Kutoarjo, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang yang berangkat pagi sudah penuh penumpang, kursi terisi 100 persen," kata Kepala Humas PT KA Daop II Bandung Bambang Setya Prayitno, di Bandung, Jawa Barat.

Beberapa KA yang berangkat dengan penumpang penuh 100 persen adalah KA Lodaya malam baik kelas bisnis mapun eksekutif tujuan Yogyakarta-Solobalapan. Hal yang sama terjadi juga pada KA Harina jurusan Bandung-Semarang lewat Cirebon yang terisi 100 persen. Sehingga PT KA Daop II Bandung menambah kereta tambahan untuk mengangkut penumpang.

"Hal ini terjadi juga pada keberangkatan Jumat, Sabtu hingga Minggu dimana tingkat pemesanan tiket KA tujuan ke timur bergerak dengan rata-rata 60 persen hingga 80 persen," kata Bambang.

Sementara untuk KA kelas ekonomi pun seperti KA Kahuripan trayek Padalarang-Kediri, Pasundan Kiaracondong-Surabaya, dan Kutojaya selatan Kiaracondong-Kutoarjo, ratai-rata terjual 100 persen. "Namun untuk ekonomi AC yang dirangkaikan KA tersebut baru tercapai 95 persen," katanya.

Kepala Humas PT KA Daop II Bandung itu menyebutkan ada tiga momen akhir pekan yang panjang pada tiga bulan terakhir tahun ini, yaitu Idul Adha pada Jumat ini, kemudian Tahun Baru 1434 Hijriyah yang jatuh pada Kamis (15/11) pertengahan November, dilanjutkan cuti bersama Jumat (16/11) sehari sesudahnya.

Sedangkan untuk Desember, PT KA menyiapkan angkutan Liburan Natal Selasa (25/12) dibarengi dengan cuti bersama Senin (24/11). "Untuk okupansi penumpang pada momen November dan Desember tersebut masih pada kisaran rata-rata 70 persen hingga 90 persen," kata Bambang.

PT KA mengimbau para calon penumpang melakukan pemesanan tiket lebih awal melalui reservasi tiket hingga H-90 atau 90 hari sebelum keberangkatan, agar bisa dimanfaatkan dalam merencanakan perjalanan kedepan.

Sementara itu untuk keberangkatan tujuan Jakarta (Gambir), enam jadwal KA Argoparahyangan dari Bandung, tiket terjual masih tersedia rata-rata 50 persen hingga 60 persen. "Tiket untuk KA jurusan ke Jakarta masih banyak, biasanya bludakan terjadi pada arus balik pada Minggu," kata Bambang menambahkan.(Ant/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini