Sukses

Anak Jalanan Terima 300 Paket Superqurban dari Rumah Zakat

Menjelang hari raya Idul Adha 1433 H, Rumah Zakat bersama Kemensos RI menyalurkan 300 paket kornet Superqurban bagi anak jalanan yang berasal dari Prumpung, Bintara, Pulo Jahe, dan Pondok Kelapa.

Citizen6, Jakarta:  Menjelang hari raya Idul Adha 1433 H, Rumah Zakat bersama Kementerian Sosial (Kemensos) RI menyalurkan 300 paket kornet Superqurban bagi anak jalanan yang berasal dari Prumpung, Bintara, Pulo Jahe, dan Pondok Kelapa. Acara bertajuk Bantuan Sosial Siaga Gizi Anak PKSA Kemensos 2012 ini dilaksanakan di Aula Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (25/10).
 
Turut hadir dalam acara ini Chief Executive Officer (CEO) Rumah Zakat Nur Efendi, Chief Fundraising Officer Rumah Zakat Asep Nurdin, Direktur Kesejahteraan Sosial Anak Kementerian Sosial Nahar, serta sejumlah pejabat Kemensos lainnya.
 
CEO Rumah Zakat, Nur Efendi, mengatakan program Superqurban merupakan langkah optimalisasi daging qurban agar memiliki manfaat lebih panjang dan penyaluran lebih merata. Kornet Superqurban, bahkan bisa tahan tiga tahun tanpa pengawet dengan sistem sterilisasi dan menjangkau pelosok tanah air saat daging qurban lainnya sudah habis saat hari Raya Idul Adha.
 
“Optimalisasi daging qurban diharapkan tidak habis tiga hari setelah Hari Raya Qurban, tapi bisa tahan hingga tiga tahun. Bantuan 300 paket Superqurban untuk anak jalanan ini  adalah stok tahun 2011. Dengan dikornetkan daging qurban menjadi tahan lama, lebih efektif, dan praktis serta dapat menjangkau pelosok yang lebih jauh,” ujar Efendi.
 
Sepanjang tahun 2011-2012 Rumah Zakat telah menyalurkan 376.312 paket Superqurban di dalam dan luar negeri. Di dalam negeri, paket tersebut disalurkan untuk korban bencana alam, anak jalanan, masyarakat pulau terluar, serta untuk masyarakat kurang mampu binaan Rumah Zakat lainnya. Sementara di luar negeri, paket Superqurban disalurkan di Somalia, Palestina, hingga Rohingya.
 
“Karena itu mari berqurban dengan Superqurban. Kami memberikan kemudahan dengan membuka channel pembayaran qurban di 4500 jaringan Kantor Pos di Indonesia, di 46 cabang Rumah Makan Bumbu Desa, di seluruh Store Lotte Mart serta di bank-bank yang menjadi rekanan Rumah Zakat,” kata Efendi.
 
Selain penyaluran Superqurban, dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Rumah Zakat dan Kemensos dalam Program Bantuan Sosial Siaga Gizi Anak PKSA Kemensos 2012. Program ini bertujuan untuk memberikan asupan gizi bagi anak, sehingga mereka akan terhindar dari bahaya gizi buruk.
 
Perlu diketahui, sejak 2011 Rumah Zakat bekerjasama dengan Kemensos dalam program Jakarta Bebas Anak Jalanan. Program ini diwujudkan dalam bentuk beasiswa sebesar Rp 1,5 juta selama setahun. Dengan beasiswa ini diharapkan mereka tidak terjun ke jalan untuk mengamen atau menjadi pemulung. Selain mendapatkan beasiswa, mereka juga memperoleh tambahan beberapa kegiatan dari Rumah Zakat, seperti Bimbingan Belajar, Pusat Pengembangan Potensi Anak (P3A), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat maupun kegiatan positif lainnya. (Muhammad Hanief)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini