Sukses

Jutaan Ribu Jamaah Haji Laksanakan Wukuf

Memasuki puncak ibadah haji 2012, jutaan ribu jamaah mulai melaksanakan wukuf di padang arafah. Mereka diwajibkan untuk berzikir, berdoa, dan salat zuhur di Masjid Namirah.

Liputan6.com, Mekkah: Memasuki puncak ibadah haji 2012, jutaan ribu jamaah mulai melaksanakan wukuf di padang arafah. Pantauan SCTV, Kamis (25/10), jutaan ribu jamaah dari berbagai negara terlihat memadati jalan menuju Masjid Namirah di Arafah.

Mereka diwajibkan untuk berzikir, berdoa, dan salat zuhur di Masjid Namirah. Sebagian lainnya membangun tenda darurat untuk memudahkan menuju Masjid Namirah. Kebanyakan dari mereka merupakan jamaah haji ilegal atau tanpa izin dan bukan penduduk asli Mekkah.

Sementara jamaah melakukan wukuf di Arafah, pemerintah Arab Saudi mengganti serubung Ka'bah di Mekkah. Penggantian serubung ini rutin dilakukan setiap tahun pada musim haji. Penggantian serubung ini memakan biaya hingga Rp 50 miliar.

Hingga berita ini disusun, setidaknya ada delapan jamaah haji dilaporkan meninggal dunia. Sedangkan 170 lainnya mengalami sakit dan 38 diwakilkan karena tidak dapat menjalankan ibadah haji akibat satu dan lain hal. (APY/YUS)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini