Sukses

Jajak Pendapat: Debat Terakhir Milik Barack Obama

Kandidat petahana Presiden Barack Obama lebih unggul dibanding Mitt Romney dalam sebuah poling yang dilakukan CNN dan CBS News.

Liputan6.com, Washington DC: Kandidat petahana Barack Obama menang tipis dibanding Mitt Romney dalam sebuah jajak pendapat yang dilakukan CNN bersama lembaga ORC usai debat terakhir pemilihan presiden AS di Lynn University, Boca Raton, Florida, Senin (22/10) malam waktu setempat.

Dalam jajak pendapat yang dilakukan terhadap 448 responden, sebanyak 48 persen responden menyatakan Obama unggul atas Romney. Sementara, 40 persen responden lainnya menyatakan penampilan Romney lebih baik dari Obama.

Dalam laporannya, CNN menyebut tiga alasan Obama lebih unggul. Pertama, Obama tampil sangat cerdas dalam menjawab serangan Romney soal kebijakan luar negerinya. Kedua, Obama menunjukkan kemampuan dan pengalamannya sebagai seorang a commander-in-chief dalam menjelaskan kebijakan AS di bawah kepemimpinannya.

Ketiga, sikap Romney yang awalnya menyerang hingga akhirnya terpancing menjadi berbalik mendukung Obama, seperti perang sipil di Suriah, dan mencegah Iran memproduksi senjata nuklirnya, telah membuat keuntungan besar bagi Obama.

Kemenangan Obama di debat terakhir juga dinyatakan oleh CBS News. Berdasarkan poling yang dilakukan media AS tersebut, Obama lebih unggul dengan 53% suara dibanding Romney yang mendapat 23% suara.

Kendati demikian, para analis tidak bisa memastikan apakah kemenangan Obama ini akan berpengaruh pada pertarungan yang sesungguhnya pada 6 November mendatang. "Tidak ada bukti bahwa menang debat akan mampu mengirim seseorang ke kursi presiden," kata Kepala Koresponden Nasional CNN John King. (YUS)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini