Sukses

Dosen Temukan Bahan Dasar Pembuatan Kue dan Roti

Seperti yang kita ketahui, bahan membuat roti atau kue biasanya dibuat dari tepung terigu. Namun, di tangan seorang dosen di sebuah universitas swasta di Surabaya, menemukan tepung pengganti terigu yakni dari bahan dasar umbi talas.

Liputan6.com, Surabaya: Seperti yang kita ketahui, bahan membuat roti atau kue biasanya dibuat dari tepung terigu. Namun, di tangan seorang dosen di sebuah universitas swasta di Surabaya, menemukan tepung pengganti terigu yakni dari bahan dasar umbi talas. Nah, ternyata dari hasil uji lab, tepung talas ini mengandung rendah lemak dan tinggi serat, baik untuk dikosumsi.

Siapa menyangka bahan baku dari kue brownis dan roti kering ini ternyata bukan berasal dari tepung terigu. Ya....kue dan roti ini ternyata terbuat dari tepung umbi talas. Endang Sri Hari, seorang dosen penemu inovasi terbarunya yang membuat tepung dari umbi talas.

Proses pembuatan tepung talas ini bisa dibilang cukup mudah, di mana sebuah umbi talas dikupas untuk kemudian diiris tipis-tipis. Dari irisan tersebut dimasukkan ke dalam oven dengan suhu 100 derajat Celcius hingga mengering. Setelah kering, irisan talas kemudian ditumbuk hingga halus dan menjadi tepung.

Tepung talas inilah yang kemudian digunakan sebagai bahan pembuatan kue dan roti, sebagai pengganti tepung terigu. Ternyata, penemuan inovasi terobosan terbarunya ini dari hasil lab mengandung kadar lemak yang sangat rendah dan mengandung banyak serat yang dibutuhkan oleh tubuh, jika dibandingkan dengan tepung terigu.

Diharapkan dengan temuan tepung talas ini setidaknya dapat menjadi bahan baku pembuat roti pengganti tepung terigu dan mengurangi jumlah import terigu dari luar negeri. Bahkan, dapat menyehatkan bagu tubuh kita. (FRD)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini