Sukses

Damaskus Diguncang Ledakan Bom

Ledakan bom mengguncang kawasan kota lama di ibu kota Suriah, Damaskus. Ledakan di permukiman Kristen ini menewaskan beberapa orang, sementara banyak lainnya mengalami luka-luka.

Liputan6.com, Damaskus: Ledakan bom mengguncang kawasan kota lama di ibu kota Suriah, Damaskus, Ahad (21/10). Ledakan terjadi di permukiman Kristen di Bab Touma, menewaskan beberapa orang, sementara banyak lainnya mengalami luka-luka. Menurut media pemerintah, ledakan berlangsung di luar kantor polisi.

Insiden ini terjadi ketika utusan internasional untuk Suriah, Lakhdar Brahimi, berada di negara tersebut untuk menemui Presiden Bashar al-Assad. Brahimi, wakil PBB dan Liga Arab, mendesak pemerintah dan kelompok pemberontak mematuhi gencatan senjata di Hari Raya Idul Adha, mulai hari Jumat hingga akhir pekan ini.

Pertempuran sengit juga dilaporkan pecah di jalan utama yang menghubungkan Damaskus dan Aleppo, terutama di sekitar Kota Maarat al-Numan pada Sabtu kemarin. Kota ini dikuasai pemberontak selama lebih dari sepekan dan dianggap sebagai jalur pasokan penting Aleppo-Damaskus.

Warga sipil sangat menginginkan gencatan senjata, namun banyak kalangan ragu apakah tentara pemerintah bersedia menyepakati gencatan senjata. Pemerintah dan pemberontak menyepakati gencatan senjata pada 12 April, namun tidak lama kemudian terjadi pelanggaran dan aksi-aksi kekerasan terus berlanjut.(BBC/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.