Sukses

Naga Doreng Meriahkan China Town Art Festival

Acara China Town Art Festival 2012 bakal dimeriahkan pagelaran Naga Doreng dari Kodam 15 Semarang, Jawa Tengah, di kawasan China Town Petak IX Glodok, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Acara Cina Town Art Festival 2012 bakal dimeriahkan pagelaran Naga Doreng dari Kodam 15 Semarang, Jawa Tengah, di kawasan China Town Petak IX Glodok, Jakarta, Ahad (21/10).

"Dalam acara ini nantinya akan ada Naga Doreng dari TNI Kodam Arhanud 15 Semarang yang ikut memeriahkan acara ini," kata Awi, Koordinator Kirab Budaya dan Kirab Ritual Gotong Toapekong Cina Town Art Festival 2012 di Wihara Bio Fat Cu Kung, Jalan Kemenangan VIII No 12, Glodok, Jakarta Barat, Sabtu (20/10).

Selain itu, acara Cina Town Art Festival 2012 ini juga diisi dengan pagelaran festival budaya, seperti budaya lokal betawi gambang kromong, reog ponorogo, dan kesenian tarian Bali. Bahkan, nantinya juga ada acara lelang perlengkapan dari rupang atau replika arca dewa.

"Nantinya juga ada acara lelang perlengkapan dari rupang yaitu replika dewa. Tujuannya untuk amal untuk pembangunan. Ada juga Panggung budaya, barong sai," tutur Awi

Cina Town Art Festival merupakan acara perayaan ulang tahun bagi Dewa Kongco Fat Cukung yang merupakan dewa rejeki bagi umat kepercayaan di kawasan petak IX, Glodok, Jakarta Barat ini. Tampak puluhan Toapekong atau arca dewa dari masing-masing wihara di beberapa daerah di tanah Jawa, Sumatra, dan Bali mulai berdatangan ke Wihara Bio Fat Cu Kung di Jalan Kemenangan VIII No 12, Glodok, Jakarta Barat.

Puncak acara yang akan berlangsung besok akan menghadirkan acara Kirab Budaya dan Kirab Gotong Toapekong sebanyak 90 Jolie atau replika wihara yang di dalamnya terdapat arca para dewa dari beberapa wihara di Tanah Air, yang dihadiri sekitar 10.000 orang dan rute sepanjang 10 kilometer. (APY/FRD)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.