Sukses

Iran akan Blokir Selat Hormuz?

Iran dikabarkan akan memblokade Selat Hormuz. Penutupan dilakukan Iran sebagai aksi atas tambahan aksi yang diberikan Uni Eropa.

Liputan6.com, Teheran: Iran dikabarkan akan memblokade Selat Hormuz. Penutupan itu dilakukan Iran sebagai aksi atas tambahan aksi yang diberikan Uni Eropa. Dilansir Reuters, Rabu (17/10), majalah berita Jerman Der Spiegel melaporkan rencana Iran dalam memblokade Selat Hormuz.

Rencana itu bocor lewat Komandan Iran Mohammad Ali Jafari yang akan melakukan tumpahan minyak untuk memblokade ekspor minyak mentah melalui Selat penting bagi perekonomian global. Tujuan Iran untuk menghukum pengimpor minyak dari Negara Arab yang melewati Selat Hormuz, merupakan wilayah Iran.

Namun, Iran membantah tuduhan. Menurut Iran, Teluk Persia merupakan bagian dari perairan dan wilayah Iran dan polusi itu juga akan mempengaruhi negaranya. "Tuduhan ini menunjukkan bahwa negara-negara Barat telah membuat tuduhan apa pun terhadap kami," Komandan pasukan Iran, Mohammed Reza Naqdi.

Dalam persoalan ini sekitar 40 persen dari ekspor yang berlayar harus keluar dari Teluk melalui Selat Hormuz. Iran sebelumnya mengancam mengganggu atau menutup selat jika situs nuklirnya dikenakan serangan militer Israel atau Amerika Serikat.

Reaksi terhadap Iran, AS dan sekutunya telah menjatuhkan sanksi keras terhadap sektor minyak Iran dan perbankan sejak awal tahun. Sanksi keras itu dilakukan karena Iran tetap berambisi menjalankan program nuklir yang dianggap membahayakan dunia.(Reuters/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.