Sukses

Hawk 200, Pesawat Super Canggih Milik TNI AU

Pesawat Hawk 200 yang jatuh di Kabupaten Kampar, Riau, sebenarnya tergolong pesawat canggih. Sejumlah kelebihan menempel pada pesawat yang dimiliki TNI Angkatan Udara ini.

Liputan6.com, Jakarta: Pesawat Hawk 200 yang jatuh di Kabupaten Kampar, Riau, sebenarnya tergolong pesawat canggih. Sejumlah kelebihan menempel pada pesawat yang dimiliki TNI Angkatan Udara ini.
 
Pesawat tersebut tak hanya didesain untuk pertahanan udara, tapi juga mampu mendukung pertahanan di darat. Pesawat buatan Inggris tahun 1980 ini masuk ke Indonesia pada tahun 2000. Ketika itu, TNI membeli dua skuadron sekaligus dan pesawat-pesawat itu ditempatkan di Pekanbaru dan Pontianak. 
 
Sebagai pesawat tempur, Hawk 200 dapat dilengkapi berbagai senjata canggih. Misalnya radar udara ke darat, rudal antikapal, torpedo, dan berbagai jenis bom. Pesawat ini juga dilengkapi radar canggih yang bisa memantau ke udara dan darat sehingga memudahkan saat membidikkan senjata ke arah musuh.(ALI/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.