Sukses

Puluhan Calon Haji dari Palembang Batal Berangkat

Sebanyak 22 jamaah calon haji embarkasi Palembang, Sumatra Selatan, batal berangkat menuju Arab Saudi karena berbagai alasan.

Liputan6.com, Palembang: Sebanyak 22 jamaah calon haji embarkasi Palembang, Sumatra Selatan, batal berangkat menuju Arab Saudi karena berbagai alasan. Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Palembang Abdul Qudus ketika dihubungi di Palembang, Senin (15/10) mengatakan jamaah calon haji yang batal berangkat itu mulai dari kelompok terbang pertama hingga 19.

Abdul Qudus menjelaskan, alasan batal berangkat kebanyakan sakit dan alasan keluarga. Dengan demikian calon haji itu belum bisa berangkat menuju Tanah Suci, kata dia. Menurut Abdul Qudus, kemungkinan besar mereka akan menunaikan rukun Islam kelima itu pada 2013. Sebab kelompok terbang yang belum diberangkatkan dua lagi.

Menurut Abdul Qudus, sebenarnya bila dihitung mulai kelompok terbang pertama hingga 19 ada 28 jemaah yang tertunda. Tapi enam di antaranya bisa diberangkatkan melalui kelompok terbang berikutnya.

Hal ini bisa saja, menurut Abdul Qudus, bila jemaah yang sakit sudah sembuh berangkat melalui kelompok terbang berikutnya. Tapi bila belum sembuh terpaksa berangkat tahun mendatang.

Selain itu dari pemberangkatan Embarkasi Palembang dua calon haji meninggal sebelum masuk asrama, ujar dia. Jemaah calon haji Embarkasi Palembang terdiri dari jamaah asal Sumsel dan Bangka Belitung dengan total kelompok terbang 21.

Jemaah calon haji itu sebelum berangkat harus masuk asrama terlebih dahulu untuk diperiksa kesehatan termasuk perlengkapan lainnya.(ANT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.