Lima Partai Besar Diprediksi Menangi Pemilu 2014

  • Politik
  • 0
  • 15 Okt 2012 05:14

pengamat-parpol121015a-v.jpg
Liputan6.com, Jakarta: Hasil yang dirangkum Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Ahad (14/10), lima partai besar diprediksi akan memenangkan pemilu 2014 mendatang. Partai Golongan Karya dengan 21 persen, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan raih 17,2 persen, Partai Demokrat kantongi 14 persen, Partai Gerakan Indonesia Raya dengan 5,2 persen sertai Partai Nasional Demokrat sebesar lima persen.

Sedangkan hasil LSI perihal partai politik berasaskan Islam dan berbasis massa Islam mengalami penurunan popularitas. Partai-partai itu terancam tak masuk lima besar dalam pemilu 2014.

Siti Zuhro, seorang pengamat politik LIPI menilai kinerja partai politik berbasis Islam yang kurang merepresentasikan kebutuhan masyarakat pemilih, menjadi salah satu penyebab penurunan suara pada pemilu 2014 mendatang. Pengamat kondisi ini harus dijawab partai Islam dengan memperbaiki kinerja kader sesuai kepentingan masyarakat.

"Ketika partai Islam yang berideologi Islam tadi itu tidak menunjukkan keberpihakan yang kental atau yang menonjol kepada masyarakat yang berkembang pesat dalam masyarakat, akan ditinggalkan oleh konstituennya," tutur Siti Zuhro.

Sedangkan partai politik Islam menilai terus menurunnya perolehan suara partai politik berbasis Islam dalam hasil survei tak sepenuhnya benar. Hasil survei menurut Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuzy lebih didasarkan kekuatan figuritas tokoh partai politik serta kekuatan uang.

"Dalam survei sekarang itu masih merupakan politik tokoh dan politik uang. Politik tokoh dia ditonjolkan dengan menggunakan uang, politik uang karena dia mampu membeli slot iklan. Jadi wajar kalau tertangkap partai-partai nasional lebih unggul," ucap Romahurmuzy.

Sementara Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar tetap optimistis partai berbasis Islam tetap mendapat tempat. Soal itu, Muhaimin Iskandar bahkan menargetkan kenaikan perolehan kursi di DPR.(AIS)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler