Sukses

Sadis, Remaja Putri Pegiat Pendidikan Itu Ditembak

Remaja putri berusia 14 tahun yang juga dikenal sebagai pegiat pendidikan untuk anak-anak perempuan di Pakistan, Malala Yusufzai, ditembak oleh orang-orang tak dikenal.

Liputan6.com, Islamabad: Remaja putri berusia 14 tahun yang juga dikenal sebagai pegiat pendidikan untuk anak-anak perempuan di Pakistan, Malala Yusufzai, ditembak oleh orang-orang tak dikenal. Yusufzai dan setidaknya seorang murid lainnya ditembak ketika berangkat ke sekolah di Mingora, Swat. Demikian dilansir BBC, Selasa (9/10).

"Malala tengah naik ke bus yang akan membawanya ke sekolah ketika ditembak oleh dua orang tak dikenal. Ia dan temannya mengalami luka dalam insiden ini," kata Rasool Shah, pejabat polisi setempat. Pejabat di tingkat provinsi, Mian Iftikhar, membenarkan penembakan ini dan mengungkapkan bahwa Yusufzai tertembak di bagian dahi dan menuduh para pelaku sebagai anggota kelompok teroris.

Calon peraih penghargaan internasional ini terkena dua peluru dan dilarikan ke rumah sakit. Kondisinya dalam keadaan stabil, kata dokter yang merawatnya.

Yusufzai menulis catatan harian untuk BBC ketika Taliban menguasai kawasan Swat tiga tahun lalu. Saat itu Taliban melarang pendidikan untuk anak-anak perempuan. Militer Pakistan merebut kembali Swat pada 2009 setelah dikuasai Taliban selama kurang lebih dua tahun.

Meski aksi-aksi kekerasan masih berlangsung secara sporadik, pemerintah kini mendorong wisatawan untuk berkunjung ke Swat. Swat ramai dikunjungi wisatawan domestik dan asing yang ingin menikmati pemandangan indah pegunungan, musim panas yang hangat, dan bermain ski di musim dingin.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.