Sukses

Asap Masih Selimuti Sebagian Wilayah Jambi

Sebagian wilayah Jambi masih diselimuti asap akibat kebakaran lahan gambut dan hutan, meski hujan telah mengguyur wilayah tersebut.

Liputan6.com, Jambi: Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muaro Jambi, M Zakir mengatakan sebagian wilayah Jambi masih diselimuti asap akibat kebakaran lahan gambut dan hutan, meski hujan telah mengguyur wilayah tersebut.

"Beberapa daerah yang dinyatakan masih berbahaya adalah Kecamatan Kumpeh Ilir. Di sana sebelumnya merupakan sumber titik api. Saat ini kondisi asapnya berdasarkan perhitungan masih sangat tebal," jelas M Zakir di Jambi, Ahad (7/10).

Ia mengatakan, titik-titik api sudah berhasil dipadamkan. Namun, kabut asap masih terlihat tebal di daerah-daerah sumber api. "Jika hujan terus turun seperti saat ini, diperkirakan kabut asap akan terus menurun. Tidak menutup kemungkinan nantinya siswa yang diliburkan sudah bisa sekolah lagi," katanya.

Sementara itu BMKG Provinsi Jambi menyebutkan hingga hari ini jarak pandang di kota semakin membaik. Hingga pukul 06.00 WIB jarak pandang mencapai 2.100 meter. Pada pukul 07.00 WIB, jarak pandang menjadi 2.500 meter.

Jarak pandang terus membaik pada pukul 08.00 WIB, yakni mencapai 3.000 meter. Bahkan pada pukul 09.00 WIB jarak pandang sudah mencapai 5.000 meter. Namun BMKG menyebutkan asap akan masih menyelimuti provinsi tersebut, untuk itu mereka mengimbau warga tetap mewaspadai kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan tersebut.(Ant/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini