Sukses

Ribuan Warga Banjiri Pameran Alutsista di Monas

Perayaan HUT TNI ke-67 tak hanya digelar di lapangan udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (5/10) kemarin. Tetapi, perayaan HUT TNI ke-67 ini juga digelar dengan pameran alat utama sistem senjata (alutsista) milik TNI Angkatan Darat (AD) di silang Monas, Jakarta, hari ini Sabtu (6/10).

Liputan6.com, Jakarta: Perayaan HUT TNI ke-67 tak hanya digelar di lapangan udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (5/10) kemarin. Tetapi, perayaan HUT TNI ke-67 ini juga digelar dengan pameran alat utama sistem senjata (alutsista) milik TNI Angkatan Darat (AD) di silang Monas, Jakarta, hari ini Sabtu (6/10).

Pantauan Liputan6.com di pameran alutsista di kawasan silang Monas Jakarta tampak ribuan pengunjung mulai memadati acara tersebut. Mulai masyarakat biasa hingga keluarga dari para anggota TNI. Mereka terlihat asyik berfoto-foto dengan peralatan tempur milik TNI AD tersebut.

Syaiful Hakim, salah satu pengunjung, datang bersama istri dan anaknya yang berusia dua tahun. Syaiful mengaku dirinya sengaja membawa keluarganya untuk melihat-lihat peralatan canggih milik TNI AD. "Kita bawa anak dan istri, ya cuma sekadar jalan-jalan santai dan foto-foto saja. Kepengennya sih nanti anak saya bisa jadi tentara yang gagah," kata Syaiful.

Alutsista yang dipamerkan ini merupakan alutsista yang dimiliki TNI AD. Mulai dari senjata-senjata kecil, senjata kelompok seperti mortir, meriam, tank, peluru kendali, dan roket yang dipadukan antara alutsista yang lama dengan yang baru.

Misalnya, Helikopter MI35 buatan Rusia, Helikopter MI 17 buatan Rusia, Helikopter Del 412 buatan Amerika, dan PO205 buatan PT DI. Selain itu, ada meriam artileri medan untuk kawasan darat dengan jenis Caesar buatan Prancis dan meriam penangkis serangan udara untuk menembak pesawat musuh dengan nama artileri pertahanan udara.

Selain pameran alutsista, para prajurit TNI AD juga ikut meramaikan acara dengan bernyanyi untuk menghibur para pengunjung. Acara tersebut rencananya akan berlangsung hingga hari Senin (8/10) esok dan ditutup dengan penampilan artis Ibu Kota. Rencananya, pada minggu (7/8) besok, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Panglima TNI, dan Kapolri juga akan menghadiri pameran alutsista di Monas. (FRD)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini