Sukses

Buruh Mogok Kawasan Industri Terancam Lumpuh

Ribuan buruh dari beberapa perusahaan Rabu (3/10) pagi mulai menggelar aksi demo di kawasan Industri MM2100 Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta: Ribuan buruh dari beberapa perusahaan Rabu (3/10) pagi mulai menggelar aksi demo di kawasan Industri MM2100 Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. Mereka mulai menggelar demo buruh sejak pukul 07.30 WIB yang dimulai dari lokasi masing-masing perusahaan tempat mereka bekerja. Aksi ini merupakan bagian dari gerakan mogok nasional yang digelar Rabu (3/10).

Sama seperti sebelumnya, selain meminta penghapusan sistem outosurcing dan menolak upah murah, mereka juga menuntut kepada pemerintah untuk segera merealisasikan Jaminan Sosial. "Tuntutanya sama, hapus outsourcing, tolak upah murah, dan realisasikan jaminan sosial," ujar salah satu karyawan PT Tita Alam Segar (TAS) yang produksi produk minuman Ale-Ale itu yang enggan menyebut namanya, Kawasan MM2100, Cibitung, Rabu (3/10).

Selain PT TAS, beberapa perusahaan yang melalukan mogok kerja massal di Kawasan MM 2100 diantaranya PT Lotte, PT Denso, Astra Honda Motor dan masih banyak lagi. Sementara massa dari PT TAS sendiri berjumlah sekitar 1200 orang.

Tak hanya itu, beberapa buruh pabrik di luar kawasan MM 2100 juga terlihat sudah mulai melakukan aksi mogok sejak pukul 07.00 WIB. Rencananya, semua massa di kawasan MM 2100 akan berkumpul di PT AHS.
Seluruh aktivitas industri di kawasan industri MM2100, lumpuh total. ratusan anggota polisi terlihat berjaga-jaga di luar kawasan industriguna mengantisipasi meluasnya semo buruh ini. (ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini