Sukses

Mendagri Tunggu Surat Pengunduran Jokowi

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, dirinya masih menunggu surat pengunduran diri Joko Widodo atau Jokowi sebagai Wali Kota Solo setelah ditetapkan sebagai pemenang Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, dirinya masih menunggu surat pengunduran diri Joko Widodo atau Jokowi sebagai Wali Kota Solo setelah ditetapkan sebagai pemenang Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Hingga Selasa (2/10) siang, Gamawan mengaku belum menerima surat pengunduran Jokowi.

"Tadi malam kan sudah ada rapat di DPRD Surakarta dan sudah ada kesepakatan. Ya tentu surat itu akan dikirim ke Gubernur Jawa Tengah. Dari gubernur, disampaikan ke saya. Saya berharap dalam waktu dekat akan sampai ke saya, sehingga prosesnya bisa saya tangani segera," kta Gamawan saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (2/10).

Menurutnya, ketika Gubernur Jawa Tengah mengirimkan surat padanya yang disetujui DPRD dan Gubernur Jawa Tengah, secara administratif ia akan melanjutkan surat keputusan (SK) pemberhentian Jokowi sebagai Wali Kota Solo dan mengangkat wali kota baru.

"Kemudian nanti mengirim kepada presiden. Kalau sudah selesai dari KPU. KPU memberikan ke DPRD, DPRD DKI memberikan ke saya, kemudian saya akan teruskan kepada presiden. Sudah ada rancangan, mudah-mudahan tanggal 4 ini sudah masuk ke presiden," ujarnya.

Jika suratnya sudah diterima, Mendagri berjanji dalam sehari bisa tuntas. "Saya tandatangani untuk persetujuan itu. Tinggal pengusulan dari daerah kepada saya untuk pelantikan sebagai gubernur lagi," kata Mendagri.

Dia berharap sebelum pelantikan Gubernur DKI Jakarta, surat itu telah dia terima dan selesai diproses di Kemendagri. Surat pengunduran Jokowi sebagai Wali Kota Solo sudah disetujui DPRD Solo. Dengan demikian, tinggal selangkah lagi Jokowi akan dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta. (ALI/FRD)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini