Sukses

Mahasiswa UI Gelar Aksi Keprihatinan di HI

Puluhan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) menggelar aksi keprihatinan terhadap pendidikan tinggi di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (30/9).

Liputan6.com, Jakarta: Puluhan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) menggelar aksi keprihatinan terhadap pendidikan tinggi di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (30/9).

Dengan membawakan spanduk berisi kampanye peduli pendidikan tinggi, puluhan mahasiswa mengenakan almamater kuning mengitari Bundaran HI. Mereka juga meminta tanda tangan warga Jakarta.

"Bentuk keprihatinan terhadap pendidikan tinggi negeri karena saat ini liberalisasi sektor pendidikan semakin memprihatinkan," kata mahasiswa UI, Eko di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (30/9).

Padahal menurutnya, dalam UUD 1945 dijelaskan dengan tegas bahwa pemerintah memiliki kewajiban mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun, dengan disahkan UU Pendidikan Tinggi oleh pemerintah dan DPR, semakin jelas negara mencoba melepas tanggung jawabnya secara perlahan.

"Pemerintah tidak lagi memberikan subsidi pada generasi muda yang tidak mampu. Pada akhirnya perguruan tinggi akan mengalihkan sumber dana itu kepada sektor lain," ujarnya.

Aksi ini juga disertai aksi freeze mob yang menggambarkan realita permasalahan pendidikan Indonesia dalam ranah pergeseran filosofis, sosiologis, dan politisasi pendidikan tinggi. (ADI/FRD)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini