Sukses

Topan Berkekuatan Super Terjang Jepang, 78 Terluka

Topan berkekuatan super menerjang wilayah Jepang. Beberapa orang dikabarkan tewas dan 78 orang lainnya terluka.

Liputan6.com, Naha: Topan berkekuatan super menerjang wilayah Jepang, Sabtu (29/9). Topan Jelawat dengan kecepatan 220 kilometer per jam menghantam Kota Naha. Akibatnya, beberapa orang dikabarkan tewas dan 78 orang lainnya terluka. 
 
Tiupan angin super itu bisa mencapai 162 kilometer per jam, bahkan hingga 234 kilometer per jam. Ketika topan itu berada di lautan dikhawatirkan menyebabkan gelombang setinggi 12 meter yang diperkirakan akan dialami Okinawa dan Amami. Topan itu juga menyebabkan 331.500 rumah di Okinawa dan 18 ribu lainnya di Amami mengalami pemadaman listrik . 
 
Badan Meteorologi Jepang mengatakan tekanan atmosfer di pusat Jelawat adalah 935 hectopascals dengan kekuatan angin hingga 162 kilometer per jam. Topan tersebut diperkirakan akan terus bergerak ke utara. Saat ini, topan berkekuatan besar itu tengah mendekati wilayah barat dan timur Jepang. 
 
Topan itu diperkirakan akan menyebabkan curah hujan yang tinggi di Jepang, dikhawatirkan sebagai penyebab banjir. Untuk menghindari jatuhnya korban, pemerintah Jepang telah memerintahkan warga di sekitar wilayah berpotensi terkena bencana untuk mengungsi.(NHK/JapanToday/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini