Sukses

Calon Haji Tertua Asal Papua Berusia 88 Tahun

Jemaah calon haji asal Provinsi Papua, Sudriwiyono yang berusia 88 tahun diberangkatkan ke Jeddah, Arab Saudi melalui embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar, Jumat.

Liputan6.com, Makassar: Jemaah calon haji asal Provinsi Papua, Sudriwiyono yang berusia 88 tahun diberangkatkan ke Jeddah, Arab Saudi melalui embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar, Jumat.

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Papua, Jamaluddin Ribara yang mengantar 375 jemaahnya mengatakan, salah satu dari calon jemaah haji yang berangkat ke Jeddah ada yang berusia 88 tahun. "Untuk yang tertua dari Papua itu berusia 88 tahun dan yang paling muda berusia 19 tahun, yakni Azisah yang sekarang sedang menempuh pendidikan di Unhas Makassar," ujarnya.

Ia mengatakan, Sudriwiyono yang masuk dalam kelompok terbang (kloter) 11 ini berasal dari Kabupaten Merauku, Papua. Meskipun usianya tua, namun fisiknya masih cukup kuat, bahkan calon haji ini tidak mempunyai penyakit yang berisiko tinggi. Sudriwiyono yang ditemui di Asrama Haji Sudiang Makassar mengaku sudah mempersiapkan diri untuk menunaikan ibadah haji.

"Saya sudah menyiapkan semuanya, baik fisik maupun mental karena baru tahun ini saya bisa mengikuti ibadah haji setelah cukup lama mengantri dan masuk daftar tunggu untuk diberangkatkan ke Mekkah," katanya.

Pada kloter 11, diisi sepenuhnya oleh jemaah asal Pemprov Papua dengan jumlah jemaah sekitar 370 orang. Sedangkan pada kloter 12 yang juga sudah diberangkatkan itu berasal dari Kabupaten Bone yang berjumlah 104 orang dan dari Kabupaten Luwu sebanyak 266 orang jemaah.

Di setiap kloter yang berjumlah 370 orang jemaah masih akan ditambah lima orang panitia lainnya yang terdiri Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) satu orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) satu orang jemaah, serta tiga orang dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

"Jumlah jemaah setiap kloter itu sebanyak 375 orang sudah termasuk tim pendamping yang akan membimbing para jemaah setibanya di Arab Saudi. Lima orang ini mempunyai spesialisasi masing-masing dan akan bertanggungjawab kepada rombongannya," katanya.

Selain itu, hingga memasuki hari ketujuh pemberangkatan jemaah calon haji melalui embarkasi Sultan Hasanuddin ini sudah memberangkatkan 4.483 orang jemaah dengan 12 kloter. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini