Sukses

Timses Foke-Nara Investigasi Pelanggaran Pilkada

Sekretaris tim Advokasi pasangan cagub petahana Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli mengatakan pihaknya tengah melakukan investigasi terkait pelanggaran Pilkada DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Dasril Effendi selaku Sekretaris tim Advokasi dari pasangan calon gubernur petahana Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli mengatakan pihaknya tengah melakukan investigasi terkait pelanggaran Pilkada DKI Jakarta. Pelanggaran itu, lanjutnya, bisa dalam bentuk formil maupun kualitas pemilu. 
 
"Dalam temuan itu, setelah tiga hari, kami akan mengambil sikap, apakah dalam posisi akan mengambil langkah hukum atau tidak," jelas Dasril saat ditemui usai rekapitulasi suara Pilkada DKI Jakarta 2012 putaran kedua di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (28/9).
 
Pasalnya, imbuh Dasril, dalam proses pemilihan yang berlangsung di kawasan Jakarta Pusat, ditemukan joki atau calo surat suara yang memberikan surat suara kepada pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT. Bila hal tersebut terbukti, pihaknya akan menggugat ke Mahkamah Konstitusi.
 
"Contohnya joki, yang menggunakan surat panggilan orang lain terjadi di dua TPS. Apabila terjadi secara masif dan terjadi di semua TPS, dan bisa dibuktikan di 15 ribu TPS, dan asumsinya 10 joki di setiap TPS, maka ada 150 ribu joki," ungkapnya.
 
"Tapi ini belum keputusan, masih kami investigasi. Setidaknya catatan ini berarti bagi KPU, warga Jakarta, dan Gubernur Jakarta," pungkasnya. (ALI/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.