Sukses

KPUD: Pasangan Jokowi-Basuki Menangkan Pilkada DKI Jakarta

KPU DKI Jakarta secara resmi mengumumkan pemenang Pilkada DKI Jakarta yang diraih pasangan Jokowi-Ahok. Hasilnya tak jauh berbeda dengan quick count sejumlah lembaga survei.

Liputan6.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta secara resmi mengumumkan pemenang Pilkada DKI Jakarta putaran kedua usai rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada DKI Jakarta di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (28/9) petang.

Pada proses rekapitulasi hasil suara ditiap-tiap wilayah Kabupaten dan Kota yang ada di Jakarta, pasangan nomor urut 3 yakni Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengungguli pasangan nomor urut 1 yakni Fauzi Bowo (Foke)-Nachrowi Ramli (Nara), kecuali di Kabupaten Kepulauan Seribu dimana Foke-Nara lebih unggul dari Jokowi-Ahok.

Hasil tersebut tak jauh berbeda dari quick count (hitung cepat) oleh beberapa lembaga survei yang mencatat pasangan Jokowi-Ahok dinyatakan mengungguli pasangan Foke-Nara.

Ketua KPU DKI Jakarta, Dahlia Umar menjelaskan bahwa total perolehan suara di tingkat Provinsi DKI Jakarta dengan jumlah TPS sebanyak 15.059 dan dengan jumlah Kabupaten/kota sebanyak enam, pasangan nomor urut 1 Fauzi Bowo dengan pasangannya Nachrowi Ramli mendapatkan suara sebanyak 2.120.815 atau 46,18 persen.

Sedangkan untuk pasangan nomor urut 3 Joko Widodo dengan pasangannya Basuki Tjahaja Purnama mendapatkan total suara 2.472.130 atau 53,82 persen. Dengan demikian total suara sah sebanyak 4.592.945, untuk total suara yang tidak sah sebanyak 74.996. Dengan demikian total keseluruhan suara sebanyak 4.667.941

"Dengan demikian hasil rekapitulasi suara di Provinsi DKI Jakarta diterima dan sah," kata Dahlia Umar sambil mengetukkan palu. Dengan demikian, secara resmi pasangan Jokowi-Ahok berhasil merebut kursi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk masa jabatan 2012-2017. Pasangan ini rencananya akan dilantik pada 7 Oktober mendatang.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini