Sukses

Rebutan Pulau, Mobil Jepang Absen di Pameran Otomotif Cina

Perseteruan antara Jepang dan Cina akibat perebutan pulau Senkaku, juga berimbas pada sektor otomotif. Mobil-mobil keluaran Jepang absen dari pameran otomotif internasional tahunan di Tianjin, Cina, pekan depan.

Liputan6.com, Beijing: Perseteruan antara Jepang dan Cina akibat perebutan beberapa pulau di Kepulauan Senkaku ternyata juga berimbas absennya sejumlah mobil Jepang di  pameran mobil internasional yang digelar di Tianjing, Cina, pekan depan.
 
NHK melansir, absennya produk-produk itu karena beberapa dealer Honda Motor, Mitsubishi Motors, dan Fuji Heavy Industries di Cina memutuskan untuk tak ikut dalam pameran tersebut.

Aksi Jepang terhadap pulau-pulau sengketa itu telah memicu serentetan demonstrasi anti-Jepang  di seluruh Cina. Hubungan Jepang-Cina memanas terkait rencana Jepang yang ingin mengambil alih tiga pulau di Kepulauan Senkaku, Laut Cina Selatan.

Pulau-pulau yang diperebutkan itu terletak sekitar 400 kilometer dari Naha, kota utama Okinawa, dan 200 kilometer dari Taiwan. Jepang akan membeli sekelompok pulau itu dari para pemilik swasta [baca: Sengketa Pulau, Hubungan Jepang-Cina Memanas]. (YUS)
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini