Sukses

Kapal Bahuga Jaya Ditabrak di Lambung Kiri

Menurut Kapolres Lampung Selatan, Tatar Nugroho, KM Bahuga Jaya yang berangkat dari Pelabuhan Merak ditabrak di lambung kiri yang kemudian menyebabkan kapal bocor dan tenggelam.

Liputan6.com, Jakarta: Kapal Motor Bahuga Jaya bertabrakan dengan kapal tanker saat menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni. Akibat tabrakan kapal roro itu tenggelam.

Menurut Kapolres Lampung Selatan, Tatar Nugroho, saat dihubungi Liputan 6, Rabu (26/9), KM Bahuga Jaya berangkat dari Pelabuhan Merak sekitar pukul 03.00 WIB. Posisi kapalnya empat mil dari Pelabuhan Bakauheni. KM Bahuga ditabrak di lambung kiri kapal. "Kapal ditabrak di lambung kiri, lalu bocor. Mengalami kemiringan kemudian tenggelam," ujarnya.

Dari data sementara, kata Tatar, ada 12 penumpang yang tidak menggunakan sepeda motor, 10 orang menggunakan roda dua, 22 orang menggunakan kendaraan roda empat, dan 18 truk besar.

Hingga kini, sebanyak 217 penumpang telah dievakuasi, tujuh diantaranya meninggal dunia. Kapal tanker yang diketahui berlambang bendera Singapura itu kini telah diamankan. Namun, Tatar enggan menyebutkan lebih rinci terkait kecelakaan ini. "Belum bisa memberikan kesimpulan. Nanti ada Polair yang akan menyimpulkan penyelidikan," katanya.

Sementara itu, sekitar 70 penumpang telah dievakuasi ke Pelabuhan Merak, dua di antaranya meninggal dunia. Para penumpang ini merupakan sebagian dari 130 penumpang Bahuga Jaya [baca: Puluhan Penumpang KMP Bahuga Dievakuasi ke Merak]. (APY/YUS)
 
 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.