Sukses

Warga Cina Akan Boikot Produk Jepang

Sengketa pulau antara Jepang dan Cina terus meluas. Kini, warga Cina berencana memboikot produk Jepang yang dijual di Negara Tirai Bambu itu.

Liputan6.com, Beijing: Sengketa pulau antara Jepang dan Cina terus meluas. Sebelumnya, sekelompok warga Jepang yang tengah berada di Cina diserang oleh warga sekitar di sebuah restoran di Shanghai, Cina. Kini, mereka pun berencana untuk memboikot produk Jepang yang dijual di Negara Tirai Bambu itu [baca: Sengketa Pulau Mengganggu Kehidupan Warga]. 
 
Seperti dilansir Reuters, Sabtu (15/9), ribuan pengunjuk rasa beraksi di depan Kedutaan Besar Jepang di Beijing, Cina. Mereka menyerukan warga Cina untuk bersatu dan memboikot berbagai produk besutan Jepang yang ada di Cina. "Saya pikir boikot terhadap produk Jepang harus dilakukan. Sebagai protes terhadap Jepang yang telah mengklaim pulau milik kami," kata salah satu pengunjuk rasa. 
 
Protes besar-besaran yang dilakukan warga Cina yang terus meluas membuat Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda mempersingkat kunjungannya ke Australia. Noda segera kembali ke Tokyo untuk membicarakan masalah tersebut dengan pemerintahannya. 
 
Masalah sengketa pulau yang terletak di Laut Cina Selatan itu terjadi sejak Jepang mengumumkan akan membeli sekelompok pulau tersebut. Namun, Cina menolak keputusan Jepang itu. Setelah diusut kepemilikannya, tiga pulau kecil yang selama ini menjadi perseteruan antara kedua negara itu dimiliki secara pribadi oleh warga Jepang. Akibatnya, Negara Sakura itu merasa berhak memiliki pulau tersebut.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini