Sukses

Survei: Pertarungan Pilkada Jakarta Akan Ketat

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dan Soegeng Sarjadi School of Government, hasil Pilkada DKI Jakarta putaran kedua akan memperlihatkan angka yang ketat.

Liputan6.com, Jakarta: Pemilihan kepala daerah DKI Jakarta putaran kedua diperkirakan akan berlangsung ketat. Hal ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) serta Soegeng Sarjadi School of Government, yang dilakukan terhadap 1.000 responden memperlihatkan angka yang ketat. Namun, jumlah masyarakat yang belum menentukan pilihan juga masih tinggi.
 
Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama berada diurutan pertama dengan 45,6 persen suara. Kemudian, pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dengan 44,2 persen. Sekitar 10 persen belum menjawab karena belum menentukan pilihan. Survei dengan margin error sebesar 4,5 persen ini menyimpulkan sebagian besar telah menentukan pilihan. Namun, lebih dari 21 persen menyatakan pilihannya masih mungkin untuk berubah.
 
Baik pendukung Foke maupun Jokowi pada putaran pertama lalu, relatif masih solid mendukung. Sementara, pendukung Hidayat Nurwahid-Didik J Rachbini dan Faisal Basri-Biem Benjamin lebih cenderung mendukung Foke-Nara. Sedangkan pendukung Alex Noerdin-Nono Sampono cenderung memilih Jokowi-Ahok.
 
Sebelumnya, tele survei terhadap 1.250 responden juga dilakukan oleh Soegeng Sarjadi School of Government. Hasilnya dimenangkan pasangan Jokowi-Ahok dengan dukungan 36,74 persen dan Foke-Nara hanya meraih 29,47 persen. Lembaga ini menyatakan 22 persen responden belum memutuskan pilihan dengan sampling error tiga persen.(APY/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini