Sukses

Sengketa Pulau Mengganggu Kehidupan Warga

Sekelompok warga negara Jepang yang berada di Cina diserang dan dikeroyok orang tidak dikenal. Hal itu diduga sebagai dampak dari sengketa yang terjadi di antara dua negara tersebut.

Liputan6.com, Beijing: Konflik sengketa pulau yang terletak di wilayah laut Cina Selatan antara Jepang dan Cina juga berimbas ke kehidupan warga. Sekelompok warga negara Jepang yang tengah berada di Cina diserang oleh warga sekitar di sebuah restoran di Shanghai, Cina.

Kantor Berita NHK mewartakan, Jumat (14/9), insiden tersebut diyakini muncul sebagai sentimen terhadap kedua warga negara akibat perseteruan antara Jepang dengan Cina. Konsulat Jenderal Jepang di Shanghai, Cina, mengatakan, warga negara Jepang tersebut ditendang di bagian kaki oleh warga sekitar.

Pemerintah Jepang belum mengambil tindakan atas terjadinya insiden itu. Melalui kedutaan besarnya di Cina, Jepang meminta warganya untuk menjauh dari aksi massa warga Cina yang berhubungan dengan sengketa pulau dan tetap bersikap biasa atau netral.

Hubungan Cina dan Jepang terus memanas akibat masalah perseteruan pulau yang terletak di Laut Cina Selatan. Jepang bahkan telah meningkatkan penjagaan di wilayah sekitar pulau sengketa [baca: Jepang Tingkatkan Patroli di Sekitar Pulau Sengketa]. (FRD)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.