Sukses

Menhut Akan Berikan Hutan Masyarakat

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan akan memberikan hutan kemasyarakatan untuk dapat dikelola masyarakat, sehingga meminimalisir konflik agraria yang marak terjadi.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan akan memberikan hutan kemasyarakatan untuk dapat dikelola masyarakat. Sehingga diharapkan dapat meminimalisir hingga menghilangkan konflik agraria yang marak terjadi.

"Itulah prioritas kita, karena konflik lahan itu luar biasa, karena itu kemenhut dari awal sudah ada kebijakan bahwa kalau ada kawasan hutan yang bisa dikelola itu harus bisa diberikan kepada rakyat, jadi bisa hutan tanaman rakyat, atau hutan kemasyarakatan," kata Zulkifli saat ditemui di kantornya, Selasa (11/9).

Zulkifli juga menjelaskan tanah ulayat atau tanah adat juga bisa dikelola dengan baik. Sehingga, permasalahan yang selama ini muncul terkait sengketa lahan bisa terhindarkan.

"Gimana kalau hak ulayat hak adat? Ya boleh itu namanya hutan desa, jadi masyarakat adat boleh mengelola, paling tidak ini bisa mengurangi konflik-konflik sosial dan konflik-konflik lahan yang terjadi," tuturnya.

Menurut Zulkifli saat ini banyak konflik agraria terjadi di Indonesia karena tanah yang terbatas, ditambah penduduk yang bertambah dan harga komoditas naik. Maka menurutnya kalau ini tidak dikelola dengan baik maka konflik-konflik itu akan terjadi. "Apalagi kalau rakyat tidak diberi akses yang luas. Jadi akses itu tidak hanya diberikan kepada korporat, tapi akses itu juga harus diberikan kepada rakyat karena itu penting sekali," ucap Zulkifli.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.