Sukses

Inggris Berjanji Perlakukan Assange dengan Baik

Inggris terus berupaya membujuk pendiri Wikileaks, Julian Assange meninggalkan kedutaan besar Ekuador di London, Inggris.

Liputan6.com, London: Inggris masih berupaya menangkap pendiri Wikileaks, Julian Assange agar bisa diekstradisi ke Swedia. Bahkan, Inggris juga berjanji memperlakukan Assange dengan baik jika ia mau memenuhi panggilan.

Menlu Inggris William Hague mengatakan, Rabu (5/9), Assange tak akan diekstradisi ke Amerika Serikat setelah sampai di Swedia. Ia menambahkan, Assange tak akan diancam hukuman mati. Dalam sebuah pernyataan tertulis, Hague juga meyakinkan jika Assange akan diperlakukan sesuai dengan Hak Asasi Manusia (HAM).

Setelah sampai ke Swedia, Assange diyakini akan dikirim ke Negeri Adidaya untuk diadili di sana. Jika hal itu sampai terjadi maka Assange tak akan pernah memiliki kebebasan lagi. Assange dikhawatirkan akan diadili secara militer di AS.

Alasan itu yang membuat pemerintahan Ekuador memberikan suaka kepada Assange [baca: Assange Dapat Suaka Politik dari Ekuador].(Reuters/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.