Sukses

Puluhan Kontainer Anggur Cina Selundupan Disita

Puluhan kontainer berisi anggur selundupan asal Cina disita Balai Besar Karantina Tumbuhan Kementerian Pertanian serta Bea Cukai Tanjungpriok, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak 29 kontainer yang tiba di Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta Utara, disita aparat Balai Besar Karantina Tumbuhan Kementerian Pertanian dan Bea Cukai, Selasa (4/9). Kontainer yang seharusnya berisi wortel dan ternyata berisi anggur itu diduga berbahaya bagi kesehatan.
 
Kepala Balai Karantina Pertanian Kementan Banun Harpini mengatakan awalnya memang ditemukan tumpukan wortel, namun setelah dilihat lebih dalam kontainer ternyata berisi anggur. Dari 29 kontainer, Banun mengingatkan, setidaknya ditemukan 10 kontiner yang berisi anggur selundupan asal Cina. 
 
Banun menambahkan, anggur ini diduga berbahaya karena ditakutkan mengandung lalat buah dan zat kimia berbahaya. Terlebih, sistem keamanan pangan segar asal Cina belum diakui pemerintah. Karena itu, importir akan dikenakan sanksi pidana karena melanggar perjanjian impor barang. 
 
Informasi yang diterima SCTV, pemerintah mengirimkan surat pemberitahuan ke pemerintah Cina terkait pengiriman anggur selundupan ini. Seluruh buah anggur ini tidak akan diperjualanbelikan karena akan menjadi barang bukti tindak kejahatan.(ADI/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.