Sukses

Hillary Bertemu Presiden SBY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (4/9).

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (4/9).

Menlu Hillary tiba tepat di Kantor Presiden sekitar pukul 09.30 WIB dengan menggunakan mobil bernomor polisi CD 12 01 dan langsung disambut Presiden Yudhoyono. Hillary dalam kunjungannya kali ini tiba di Jakarta pada Senin petang (3/9), dan langsung bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

Dalam pertemuan itu, kedua menteri membicarakan kemitraan strategis RI-AS serta sejumlah isu lain yang menjadi perhatian bersama, seperti konflik Laut Cina Selatan. Mereka juga membahas masalah krisis Suriah, dan sejumlah kasus di Myanmar.

Terkait Laut Cina Selatan, Menlu Hillary menekankan perlunya pelaksanaan Code of Conduct dan memperingatkan agar jangan sampai ada pihak-pihak yang berusaha untuk meningkatkan ketegangan di kawasan tersebut dengan mengintimidasi dan mengklaim wilayah secara sepihak.

Kunjungan Hillary ke Indonesia merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerjanya di Kawasan Pasifik. Sebelumnya, istri mantan Presiden AS Bill Clinton ini menghadiri Forum Kepulauan Pasifik di Cook Island. Hillary memimpin delegasi tinggi AS dalam forum yang telah berlangsung sejak 41 tahun lalu ini. Setelah Indonesia, Hillary diagendakan bertolak ke Brunei Darussalam dan Timor Leste. Ia kemudian akan menuju Vladivostok, Rusia, untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi para pemimpin ekonomi APEC. (Ant/ARI)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini