Sukses

Kabut Asap Ganggu Transportasi di Jambi

Aktivitas pelayaran dan penerbangan di Jambi terganggu akibat adanya kabut tebal. Namun begitu, Indeks Satuan Pencemaran Udara sekitar 70 atau masih dalam batas aman untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jambi: Aktivitas pelayaran lokal maupun antarpulau di Sungai Batang Hari, Jambi, Selasa (28/8) terpaksa dihentikan akibat kabut asap yang menyelimuti wilayah tersebut. Kabut asap tebal menghalangi jarak pandang hingga kurang dari 500 meter. Kapal baru bisa bergerak di atas pukul 12.00 WIB dan harus dihentikan pada pukul 16.00 WIB.
 
Kondisi ini juga mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Thaha, Jambi. Pihak terkait terpaksa menghentikan penerbangan total hingga pukul 11.00 WIB karena jarak pandang yang kurang dari 1.000 meter.
 
Meski telah mengganggu aktivitas, pemerintah belum bertindak karena dari data terakhir Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedalda) Provinsi Jambi, Indeks Satuan Pencemaran Udara (ISPU) masih sekitar 70 atau masih dalam batas aman untuk kesehatan. Kondisi dianggap membahayakan kesehatan bila ISPU sudah di atas 100. Pemerintah setempat juga belum mengimbau masyarakat untuk memakai masker.(APY/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini