Sukses

Malam Tadi Jalur Banyumas Macet Parah

Pada Jumat malam, puluhan ribu kendaraan pemudik terjebak kemacetan di jalur Banyumas, Jawa Tengah, menuju wilayah Jawa Barat. Sedangkan di Purworejo, Jawa Tengah, kendaraan pemudik dialihkan karena terjadi kemacetan panjang.

Liputan6.com, Banyumas: Tak hanya di jalur utara, kemacetan parah juga mewarnai arus balik kendaraan para pemudik dari jalur selatan Pulau Jawa.

Di sepanjang jalur mudik lintas selatan di ruas Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, puluhan ribu kendaraan pemudik tidak bergerak. Para pengemudi terjebak kemacetan sepanjang puluhan kilometer sejak Jumat (24/8) siang hingga malam tadi.

Pada puncak arus balik Lebaran, ratusan ribu kendaraan memang diperkirakan melewati jalur penghubung antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat ini.

Kemacetan juga diperparah akibat jalan yang sempit, serta adanya sejumlah titik pasar tumpah. Kemacetan paling parah terjadi di Kecamatan Ajibarang, Cilongok hingga Bumiayu, yang berbatasan dengan Kabupaten Brebes. Belum bisa diperkirakan kemacetan akan berakhir, sebab volume kendaraan terus bertambah menjelang akhir pekan.

Masih di jalur selatan, kemacetan panjang juga terjadi tepatnya dari arah Yogyakarta dan Solo, yang melewati Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Seluruh kendaraan roda empat akhirnya dialihkan lewat Jalur Lingkar Selatan Purworejo melalui Jalan Kulonprogo.

Di kawasan itu, kemacetan pun tetap terjadi hingga mencapai dua kilometer. Bahkan saking banyaknya kendaraan, pejalan kaki pun sulit untuk melintas dan harus dibantu petugas. Meski sepanjang Jumat kemarin sudah mengalami peningkatan, puncak arus balik diperkirakan mulai terjadi Sabtu dan besok.(ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini