Sukses

Kim Young-nam Akan Melawat ke Iran

Kepala Negara Korea Utara, Kim Young-nam, akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non-Blok di Teheran pekan depan.

Liputan6.com, Pyongyang: Kepala Negara Korea Utara, Kim Young-nam, akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non-Blok di Teheran pekan depan. Pertemuan puncak Gerakan Non-Blok ini akan dihadiri pula oleh Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, meski Amerika Serikat dan Israel mendesak agar pertemuan ini diboikot.

Kepastian kehadiran Kim Yong-nam di forum KTT Non-Blok diumumkan kantor berita resmi Korea Utara (KCNA), Kamis (23/8), sekaligus membantah berbagai laporan yang menyebutkan bahwa pemimpin negara tersebut, Kim Jong-un, akan melawat ke Iran. Rencana kunjungan Kim Jong-un ke Iran tersebut sebelumnya ramai diberitakan berbagai media di Korea Selatan.

Kim Young-nam menjabat sebagai ketua parlemen dan menjadi pelaksana tugas kepala negara karena pendiri Korea Utara, Kim Il-sung telah diangkat menjadi "presiden abadi". Kim Jong-un, yang sekarang memimpin Korea Utara, adalah cucu Kim Il-sung.

Baik Korea Utara maupun Iran sama-sama terkena sanksi internasional terkait program nuklir mereka. Media pemerintah Korea Utara mengatakan delegasi Iran pada Juli lalu berkunjung ke Pyongyang untuk menghadiri pertemuan dan mencari kesamaan pandangan untuk menghadapi apa yang mereka sebut imperialisme.

Laporan PBB yang diterbitkan bulan Mei menyebutkan bahwa Iran dan Korea Utara diduga saling berbagi teknologi rudal balistik, namun tuduhan ini telah dibantah pemerintah Iran.(BBC/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini