Sukses

TNI AU Dapat Tambahan F-16

Pemerintah Indonesia telah menambah kekuatan militernya khususnya bidang udara dengan masuknya 24 pesawat militer F-16 buatan Amerika Serikat (AS) belum lama ini yang juga telah disetujui oleh DPR.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah Indonesia telah menambah kekuatan militernya khususnya bidang udara dengan masuknya 24 pesawat militer F-16 buatan Amerika Serikat (AS) belum lama ini yang juga telah disetujui oleh DPR.

Bukan hanya itu, bahkan menurut Menhan, setelah Sekjen Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Marsdya TNI Erys Herryanto sepulangnya dari AS beberapa hari sebelum hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2012 lalu dari, maka pemerintah AS juga menawarkan penambahan 10 unit lagi pesawat tempur tipe F-16.

Namun, hal itu belum disetujui oleh pemerintah Indonesia lantaran pihaknya harus membahasnya terlebih dahulu dengan DPR. "Yang pertama kita mendapatkan pesawat F-16 sebanyak 24 dari Amerika. Dan kemarin sekjen kami itu baru pulang sebelum hari kemerdekaan kemarin yaitu tanggal 17 Agustus dari Amerika dan mereka menawarkan lagi F-16 sekitar 10 unit. Tapi kita belum bisa menjawab karena kita harus membahas dulu dengan DPR," kata Menhan saat ditemui dikantor kementrian pertahanan, Jakarta, Kamis (28/8).

Lebih lanjut Menhan menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya belum bisa menjawab pemberian 10 unit pesawar F-16 terhadap pemerintah AS. Lantaran menurutnya, jika Indonesia menerima 10 pesawat tempur tersebut maka diperlukan anggaran tambahan untuk melakukan upgrading terhadap pesawat tempur buatan AS itu.

Lebih lanjut Menhan menjelaskan, jika 10 pesawat F-16 tersebut telah disetujui maka nantinya pesawat F-16 itu akan ditambahkan dengan kekuatan yang Indonesia punya sebelumnya, sehingga ia berharap nanti Indonesia punya kekuatan 3 skuadron F-16. (ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini