Sukses

Halte Busway Ragunan Jadi Lahan Parkir

Sempitnya lahan parkir membuat pengelola Taman Margasatwa Ragunan terminal bus TransJakarta jadi tempat parkir sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta: Membludaknya jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, membuat pihak pengelola kewalahan menyediakan lahan parkir. Alhasil terminal bus TransJakarta atau yang ada di depan TMR disulap jadi tempat parkir sepeda motor.

"Kita memang sudah antisipasi untuk parkir kendaraan. Seperti kendaraan roda empat disiapkan kantong-kantong parkir di dalam area Ragunan," ujar Humas TMR Wahyudi Bambang di Jakarta, Senin (20/8).

Bambang mengatakan, pihaknya tak bisa mengantisipasi jumlah kendaraan roda dua milik pengunjung yang membludak di hari kedua Lebaran ini. Pasalnya, daya tampung lahan parkir sepeda motor di areal TMR hanya sekitar 5-10 ribu unit. "Kita sudah koordinasi dengan pihak Badan Layanan Umum (BLU) TransJakarta untuk memakai tempatnya buat parkir sepeda motor karena sudah tidak mampu lagi," tutur Bambang.

Akibat terminalnya dipakai untuk lahan parkir, bus TransJakarta tak bisa masuk ke terminal Ragunan. Bus TransJakarta Koridor VI dengan trayek Dukuh Atas-Ragunan pada hari ini hanya melayani hingga halte Departemen Pertanian.

Hingga pukul 15.00 WIB, kendaraan roda empat yang memasuki areal TMR sudah mencapai 3.600 unit, bus sebanyak 125 unit, dan sepeda motor sebanyak 18.216 unit. Biaya masuk yang dikenakan kepada sepeda motor sebesar Rp. 3000, bus besar dikenakan Rp 15.000, bus kecil Rp. 12.500, dan mobil sedan Rp 6.000. Setiap kendaraan dikenakan biaya tambahan Rp 500 untuk asuransi.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini