Sukses

TNI dan Polri Mengirim Pasukan ke Aceh

Ratusan personel TNI dan Polri diberangkatkan ke Nanggroe Aceh Darussalam. Pasukan yang sedianya bertugas selama tujuh bulan ini akan membantu proses pemulihan keamanan di Tanah Rencong.

Liputan6.com, Yogyakarta: Sebanyak 275 personel Batalyon Infanteri 403 dan 140 anggota Brigade Mobil Kepolisian Yogyakarta diberangkatkan ke Nanggroe Aceh Darussalam, Jumat (11/10). Direncanakan mereka bertugas selama tujuh bulan untuk membantu proses pemulihan keamanan di Tanah Rencong. Berdasarkan pemantauan SCTV, keberangkatan ratusan prajurit ini dilepas Komandan Rayon Militer 072 Pamungkas Kolonel Kavaleri Suwarno dan Kapolda Yogyakarta Brigadir Jenderal Polisi Wahyu Saronto.

Dalam amanatnya, Suwarno meminta seluruh prajurit tak menganggap tugas ini sebagai beban. Sebaliknya harus dipahami sebagai kehormatan dan kebanggaan buat setiap anggota TNI dan Polri. Namun, Suwarno menambahkan, sebelum diberangkatkan satu datasemen Yonif 403 masih akan menjalani sejumlah latihan di Bandung, Jawa Barat. Dijadwalkan, mereka akan diberangkatkan bareng dengan Batalyon Rajawali Bandung.

Beberapa waktu silam, pengamat politik Hasnan Habib mengatakan, pengiriman pasukan TNI ke Aceh untuk menumpas gerombolan separatis Gerakan Aceh Merdeka adalah tindakan prematur. Menurut dia, penuntasan masalah di Aceh dengan melibatkan militer sama sekali tak ada hasilnya [baca: Sebelas Kompi TNI, Tak Dapat Menuntaskan Masalah].(ICH/Wiwiek Susilo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini