Sukses

Jelang Lebaran, Mesir Buka Perbatasan Rafah

Mesir membuka perbatasan Rafah yang melintasi jalur Gaza. Selama ini Mesir menutup perbatasan Rafah terkait konflik antara militer Mesir dengan gerilyawan dari Palestina.

Liputan6.com, Kairo: Jelang Idul Fitri, Mesir membuka perbatasan Rafah yang melintasi jalur Gaza. Namun, pembukaan ini hanya berlangsung selama tiga hari. Orang-orang yang akan melintasi perbatasan tersebut terpaksa harus melalui pemeriksaan yang ketat, Sabtu (18/8).

Seperti diketahui, selama ini Mesir menutup perbatasan Rafah terkait konflik antara militer Mesir dengan gerilyawan dari Palestina. Sehingga, hubungan antara Mesir dengan Palestina sedikit menegang.

Rakyat berharap Presiden Mesir Mohammed Morsi menepati janjinya untuk menjalin hubungan baik dengan Palestina, dibanding berteman dengan Israel.

Pihak Paletina pun telah meminta Mesir dengan berbagai cara untuk membuka beberapa perbatasan untuk meredakan situasi di Gaza. Bagi Palestina, penutupan perbatasan sama saja memberlakukan kebijakan ketika rezim Presiden Husni Mubarak berkuasa.(Presstv/IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.