Sukses

Meriah, Perayaan HUT RI di Berbagai Daerah

Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-67 digelar di berbagai daerah. Beberapa di antaranya berlangsung unik.

Liputan6.com, Pinrang: Ratusan warga Kota Pinrang, Sulawesi Selatan, mengarak bendera raksasa berukuran 60 X 9 meter, Jumat (17/8). Hal ini dilakukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-67.

Arak-arakan dilakukan dengan berjalan kaki sejauh lima kilometer dari Lapangan Lasinrang Kota Pinrang hingga ke puncak Gunung Paleteng. Gunung setinggi 1.000 meter lebih itu memang merupakan salah satu gunung kebanggaan warga Pinrang. Aksi ini merupaakan salah satu upaya memupuk semangat nasionalisme dan patriotisme yang selama ini makin memudar.

Peringatan HUT Republik Indonesia juga dirayakan puluhan pecinta alam di Mojokerto, Jawa Timur. Mereka menggelar upacara bendera di lokasi bekas galian pasir batu. Sebelum upacara digelar, mereka mengibarkan bendera merah putih di tebing bekas galian setinggi 50 meter. Hal ini dilakukan sebagai bentuk keprihatinan atas kerusakan lingkungan utamanya bekas galian pasir dan batu.

Di Makassar, Sulawesi Selatan, peringatan kemerdekaan diperingati puluhan anak-anak kolong jembatan di lapangan kosong di bawah  fly over Makassar. Mereka berbagi tugas sebagai komandan upacara, pembaca teks, proklamasi, pembaca undang-undang dasar hingga penggerek bendera. Tak hanya itu, para anak jalanan ini juga membaca surat untuk presiden.

Peringatan Hari Kemerdekaan RI juga dirayakan warga di Desa Kemiri, Sidoarjo, Jawa Timur. Mereka menggelar upacara bendera yang diikuti seluruh warga yang terdiri dari anak-anak hingga para lanjut usia.

Uniknya, beberapa di antaranya merupakan pejuang pada zaman kemerdekaan. Tidak ada seragam rapi karena para peserta ingin menunjukkan situasi di zaman perjuangan. Dalam kesempatan ini, para pejuang mengaku kecewa dengan masih maraknya praktik korupsi di Tanah Air. (APY/YUS)
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.